Header Ads

Market yang Ragu-Ragu


Seperti halnya manusia, market dan pair mata uang dalam forex memiliki karakter.
Bisa dikatakan market adalah agregat dari berbagai macam situasi dan kondisi psikologi trader dan big player yang bersatupadu dalam satu irama.
Namun, komando simponi tetap pada big player (dalam hal ini bisa dikatakan adalah bank-bank sentral dari seluruh dunia dan spekulan besar, e.g. Soros dll).
Agregat dan group dari para trader dan big player melahirkan sebuah simfoni dan 'rasa' yang bisa dirasa (can be felt) dan dianalisa, jika Anda sudah terbiasa membacanya.
Rasa dan perasaan market tersebut merupakan representasi global dari suasana hati para pelakunya.

Pada kondisi tertentu, market seperti seorang yang peragu.
Pada lain waktu, market seperti 'raksasa' yang kejam dan tanpa ragu.
Pada sesi tertentu, market seperti manusia tak berdaya yang hilang kendali dan tanpa perlawanan. (e.g. Jika turun, maka turun terus menerus, dan sebaliknya)
Identifikasi terhadap 'perasaan' market ini mutlak sangat penting agar trader tidak terjebak pada kondisi membingungkan.
Konsistensi menjadi hal yang sangat krusial dalam kondisi terjebak pada situasi yang tidak menguntungkan.
Kedisiplinan menjadi benteng dan jembatan yang bisa mengantarkan trader pada tujuan yang ingin dicapainya.

Tanpa konsistensi dan disiplin, seperti halnya di lautan, maka hanya akan menjadi buih yang tak bermakna. Terombang-ambing oleh suasana.
Pelaut amatir akan kebingungan, jika menghadapi badai dan ketidakstabilan cuaca, berbeda dengan pelaut profesional, mereka tetap tenang dan stick on the plan.
Pelaut profesional jauh lebih banyak menghabiskan waktu berlayar pada berbagai macam kondisi dan cuaca dan tetap bisa selamat. Pengalaman mereka bisa menjadi sangat berguna baik bagi dirinya, maupun bagi awaknya, dan orang yang ingin menimba pengalaman darinya.
Pandai-pandailah membaca pertanda dan indikator alami market yang jelas-jelas bisa dibaca (jika Anda sudah tahu cara bacanya, jika belum, belajarlah, dan banyak berteman dengan mereka yang sudah bisa membacanya).
Sehingga Anda bisa melakukan antisipasi sebelum orang lain melakukan antisipasi.
Anda sudah siap dengan berbagai macam kondisi dan situasi bahkan yang terburuk sekalipun dan tetap bisa selamat dan menang.

Waktu jauh lebih bernilai daripada uang. Karena uang bisa didapatkan lebih banyak, tidak dengan waktu, jika waktu sudah habis, maka tidak ada yang bisa Anda lakukan.
Segala potensi dan peluang akan otomatis hilang, jika waktu sudah habis. Maka sebelum itu terjadi, persiapkan diri Anda dengan segala kemampuan dan bekal sebanyak-banyaknya.
Manfaatkan waktu dengan bijak, efektif dan efisien. Bergabunglah dengan mereka yang sudah menghabiskan waktu untuk riset daripada hanya menghabiskan waktu untuk coba-coba.
" When you know what you want, and want it bad enough, you'll find a way to get it " - Jim Rohn
" Man jadda wajada " - Arab proverb
" Sopo temen, tinemu " - ujaran Wong Jowo

Diberdayakan oleh Blogger.